LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI PT DAHANA BERLIAN MOTOR TASIKMALAYA MENGENAI SISTEM REM
PERAWATAN
SISTEM REM PAJERO SPORT DAKAR 2016
DI
PT DAHANA BERLIAN MOTOR
Jl. KH Zainal Musthofa No. 347 Kahuripan
Tawang Tasikmalaya
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Diajukan untuk Memenuhi Syarat Ujian Sidang Verifikasi Praktik Kerja Lapangan
Oleh :
1. ASEP
SOHIBUL WAFA ( XII TKRO 4 )
2. MUHAMAD
AZZIL DINAR RAMADHAN ( XII TKRO 4 )
KOMPETENSI
KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI RAJAPOLAH
KABUPATEN
TASIKMALAYA
TAHUN
2018
LEMBAR PENGESAHAN
Disusun Oleh : 1. Aos Firdaus (XII TKR
4)
2. Agit Ramadhan (XII TKR 4)
3. Handi Jalaludin (XII TKR 4)
Tempat PKL : CV EMBA
Judul : PERBAIKAN REM CAKRAM KIJANG
INNOVA 2010
Disetujui oleh :
LEMBAR PENGUJIAN
Di Susun Oleh : 1. Aos Firdaus (XII TKR
4)
2. Agit
Ramadhan (XII TKR 4)
3. Handi Jalaludin (XII TKR 4)
Kelas : XII TKR 4
Tempat PKL : CV EMBA
Judul : PERBAIKAN REM
CAKRAM KIJANG INNOVA 2010
Pada hari : ……………………..
Tanggal : ……………………..
Penguji I
...............................................
NIP./NUPTK
|
Penguji II
Milda
Wahyuningsih,S.Pd.
NIP.198410292011012003
|
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas diberikannya
rahmat, petunjuk dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan
kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Laporan ini disusun berdasarkan
pengalaman dan ilmu yang diperoleh penulis
saat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan
(PKL).
Laporan
pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan
(PKL) yang telah penulis
susun ini dibuat untuk memenuhi tugas dari sekolah dan juga sebagai jawaban
atas pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan
(PKL) di Dunia Usaha
atau Dunia Industri.
Penulis
menyadari bahwa laporan ini tidak akan disusun dengan baik jika tanpa adanya
bantuan dan dukungan dari pihak-pihak terkait. Oleh karena
itu penulis mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada :
1.
Ayahanda, ibunda dan keluarga yang senantiasa memberikan dukungan moril
dan materil yang juga selalu mendo’akan penulis agar menjadi orang yang berguna
bagi orang lain.
2. Bapak H.Zenal Muttaqin, S.Pd,MM.Pd
selaku Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rajapolah.
3. Bapak Toni Senjaya, S.E. selaku ketua
panitia Praktik Kerja Industri.
4. Bapak Koko Abdul Kodir,M.Eng sebagai
kepala program keahlian Teknik Kendaraan Ringan
sekaligus pembimbing dari pihak sekolah dalam pembuatan laporan.
5. Bapak Suryanto selaku pembimbing di PT.
Dahana Berlian Motor.
6. Seluruh karyawan PT
Dahana Berlian Motor.
7. Seluruh guru jurusan Teknik Kendaraan
Ringan atas bimbingannya, sehingga penulis bisa mempunyai keahlian di bidang Teknik
Kendaraan Ringan.
8. Seluruh rekan-rekan seperjuangan kelas
XII Teknik Kendaraan Ringan
yang selalu memberikan dukungan dan menjaga kebersamaan dalam keadaan susah
maupun senang.
9. Berbagai pihak yang telah membantu baik
secara langsung maupun tidak langsung kepada penulis dalam pelaksanaan Praktik
Kerja Lapangan (PKL) hingga penyusunan laporan ini yang tidak dapat disebutkan
satu persatu.
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan
ini masih banyak kesalahan dan
kekurangan dikarenakan keterbatasan kemampuan yang penulis miliki. Oleh karena
itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun sebagai
bahan masukan penulis di masa yang akan datang.
Akhir
kata, penulis mengharapkan laporan yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi
penulis sendiri pada khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.
|
DAFTAR ISI
LEMBAR PERSETUJUAN
LEMBAR PENGESAHAN
KATA
PENGANTAR................................................................................................ i
DAFTAR
ISI..............................................................................................................
iii
DAFTAR
GAMBAR.................................................................................................
v
DAFTAR
TABEL......................................................................................................
vi
BAB
1 PENDAHULUAN........................................................................................
1
1.1. Latar
Belakang Praktik Kerja Lapangan ............................................. 1
1.2.
Tujuan Praktik
Kerja Lapangan...........................................................
2
1.2.1. Tujuan Umum..........................................................................
2
1.2.2
Tujuan Khusus.........................................................................
3
1.3
Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan..................................................
3
1.3.1
Waktu dan Tempat
Pelaksanaan PKL.....................................
3
1.3.2
Kegiatan Yang
Dilaksanakan..................................................
4
BAB II PROFIL PERUSAHAAN..........................................................................
6
2.1.
Sejarah Berdirinya Perusahaan............................................................
6
2.2. Visi dan Misi Perusahaan.....................................................................
7
2.2.1. VISI............................................................................................
7
2.2.2. MISI...........................................................................................
7
2.3. Struktur Organisasi ..............................................................................
7
2.4.Ruang Lingkup Kegiatan Bidang Usaha DU/DI...................................
8
2.5.Penerapan Keselamatan Kerja...............................................................
8
BAB III PEMBAHASAN...........................................................................................
9
3.1. PEMBAHASAN UMUM.....................................................................
9
3.1.1 Pengertian Sistem Rem Kendaraan.............................................. 9
3.1.2
Sistem Rem
Hidrolik.................................................................
10
3.1.2.1 Komponen utama Rem
hidraulis...................................
11
3.1.3 Fungsi
Sistem Rem Pada Kendaraan........................................
12
3.1.4
Tujuan Perawatan
Rem.............................................................
12
3.1.5 Macam
Macam Rem Rem
Pada Kendaraan.............................
12
3.2.PEMBAHASAN KHUSUS................................................................
18
3.2.1
Alat Yang Digunakan................................................................
18
3.2.2 Persiapan Kendaraan Sebelum dilakukan Service..................... 18
3.2.3 Pembongkaran Roda Depan......................................................
18
3.2.4
Pembongkaran roda belakang....................................................
21
3.2.5
Pemeriksaan dan
Perawatan Rem Depan.................................. 21
3.2.6
Pemeriksaan dan
Perawatan Rem Belakang.............................. 26
3.2.7
Pemasangan Rem Depan...........................................................
23
3.2.8
Pemasangan Rem
Belakang....................................................... 24
3.2.9
Pemeriksaan Akhir................................................................... 24
BAB IV PENUTUP................................................................................................
25
4.1 Kesimpulan...........................................................................................
25
4.2 Saran....................................................................................................
26
DAFTAR
PUSTAKA...............................................................................................
27
LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
Gambar 3.1
Sistem Rem Kendaraan......................................................................... .. 9
Gambar 3.2 Sistem Rem Hidrolik ............................................................................. 10
Gambar 3.3 Disc
Rotor............................................................................................. 13
Gambar 3.4 Pad
rem................................................................................................. 14
Gambar 3.5 Fixed
caliper.......................................................................................... 14
Gambar 3.6 Floating
caliper................................................................................. .....15
Gambar 3.7 Backing
Plat.......................................................................................... 15
Gambar 3.8 Bleeder
Plug.......................................................................................... 16
Gambar
3.9 Sepatu rem............................................................................................. 16
Gambar
3.10 Sistem ABS.......................................................................................... 17
Gambar
3.11 Buka Roda........................................................................................... 18
Gambar
3.12 Wheel Pack.......................................................................................... 19
Gambar
3.13 Kaliper................................................................................................. 19
Gambar
3.14 Kawat Pad Rem.................................................................................. 20
Gambar
3.15 Pad Rem.............................................................................................. 20
Gambar
3.16 Buka Roda Belakang........................................................................... 21
Gambar
3.17 Wheel Pack.......................................................................................... 21
Gambar
3.18 Air Gun Clean Pad Rem..................................................................... 22
Gambar
3.19 Pemeriksaan Rem................................................................................ 22
Gambar
3.20 Penghamplasan Disc Rotor................................................................. 23
Gambar
3.21 Pembersihan Rem Parkir.................................................................... 23
DAFTAR TABEL
Tabel
1.3 Waktu Pelaksanaan
PKL.......................................................................... 4
Tabel 1.3 Jadwal PKL di
PT Dahana Berlian Motor................................................ 4
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan
Berdasarkan
sudut pandang pendidikan, Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan satu muatan/content kurikulum suatu lembaga pendidikan
kejuruan (lihat pasal 36 ayat 3 huruf f pasal 37 ayat 1 UU No. 20 Tahun 2003
tentang sistem pendidikan Nasional). PKL dimaksudkan untuk memberikan wawasan
praktis berdasarkan teori-teori yang dipelajari di lembaga pendidikan kejuruan.
Dari sudut pandang ketenagakerjaan, PKL merupakan salah satu wujud pelatihan
ditempat kerja/on the job training.
Dalam pelatihan di tempat kerja atau PKL, siswa pelatihan hanya diberikan
wawasan secara garis besar dan tidak
utuh, dikarenakan waktu yang terbatas. Berbeda halnya dengan karyawan asli di perusahaan,
mereka dapat langsung merasakan suasana kerja yang sebenarnya dengan diberikan
balasan yang setimpal seperti halnya upah/gaji, tetapi hal tersebut tidak
mutlak terjadi dan tergantung pada kebijakan Dunia Usaha/Dunia Industri yang
bersangkutan.
Berdasarkan struktur program kurikulum SMK bahwa setiap
siswa yang akan melanjutkan ke semester berikutnya dan yang akan mengakhiri
jenjang pendidikan kejuruan, harus melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di industri-industri maupun lembaga–lembaga
swasta.
Landasan
ini pula yang mengantarkan SMK Negeri Rajapolah menyelenggarakan kegiatan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagaimana telah tertuang dalam ketentuan
kurikulum SMK Negeri Rajapolah. Praktik
Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu penyelenggaraan pendidikan keahlian
profesional yang memadukan sistematika dan sinkronisasi antara program pendidikan di sekolah dan penguasaan
keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja secara langsung dengan dunia
kerja secara terarah, tujuannya untuk membentuk keahlian dan mental siswa agar
pada saat lulus dari SMK siap terjun dalam dunia kerja.
Selain itu hal
yang melatarbelakangi kegiatan PKL, seperti halnya apa yang sudah ditulis
diatas, merupakan salah satu muatan dari kurikulum suatu lembaga pendidikan
kejuruan, maka ketentuan mengenai hak/kewajiban siswa PKL dengan Dunia Usaha/Dunia Industri pelaksanaan
tempat kerja diatur dan disepakati diantara para pihak. Praktik Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan dengan harapan sebagai siswa yang
nantinya lulus, dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang
diterimanya di sekolah, sehingga apabila di kemudian hari siswa bekerja di
perusahaan dapat mengembangkan dan juga menerapkan kompetensi yang didapat dan
dimilikinya di dunia kerja. Oleh karena itu, penulis memilih melaksanakan
kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. Dahana Berlian Motor.
1.2. Tujuan Praktik Kerja Lapangan
Setiap kegiatan yang telah dilaksanakan, pasti ada
tujuan yang hendak dicapai. Tujuan yang ingin dicapai penulis setelah
dilaksanakannya program Praktik Kerja Lapangan (PKL) dapat dikelompokan kedalam
2 (dua) tujuan, yaitu :
1.2.1. Tujuan Umum
a. Siswa
dapat memperoleh pengalaman langsung dari dunia kerja yang berkaitan dengan
kompetensi dan keahlian yang dipelajari di Sekolah.
b. Siswa
dapat memperoleh pengalaman langsung dari dunia kerja berkaitan dengan
disiplin, etika , tantangan, hambatan dan hal lainnya yang berhubungan dengan
Dunia Usaha/Dunia Industri.
c. Dunia
Usaha/Dunia Industri dapat ikut menentukan arah pendidikan atau pelatihan bagi
sekolah dengan memberikan koreksi, saran dan masukan berkaitan dengan
kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan dunia kerja.
d. Dunia
Usaha/Dunia Industri dapat memetakan agenda kebutuhan tenaga kerja melalui
pengujian terhadap siswa yang melaksanakan kegitan PKL diperusahaannya.
e. Menghasilkan
tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang
memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan
tuntutan dunia kerja. Agar Dunia Usaha/Dunia Industri dapat memetakan agenda
kebutuhan tenaga kerja melalui pengujian terhadap siswa yang melaksanakan
kegiatan PKL di perusahaannya.
f. Memberi
pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja, sesuai dengan bagian dari
proses pendidikan agar dapat dijadikan pengalaman bagi siswa di masa yang akan
datang.
g. Meningkatkan
mutu dan relevansi pendidikan kejuruan melalui peran Dunia Usaha/Dunia
Industri.
1.2.2. Tujuan Khusus
a. Mendapatkan
keterampilan atau pengetahuan yang saling mengisi dan melengkapi antara
pendidikan disekolah dengan keahlian yang diperoleh melalui Praktik Kerja Lapangan.
b. Menjalin
kerjasama yang berkelanjutan antara perusahaan dan sekolah, yang dapat menguntungkan
antara kedua belah pihak yang bersangkutan agar tercapainya tujuan yang
diinginkan.
c. Memberikan
suatu dorongan atau motivasi dalam diri siswa – siswi agar menunjukkan dirinya
mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.
1.3 Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
1.3.1 Waktu dan Tempat
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Kegiatan PKL
dilaksanakan dengan ketentuan waktu yang sudah disusun atau dijadwalkan oleh
pihak sekolah. Adapun jadwalnya seperti yang tertera dalam tabel dibawah ini :
Tanggal pelaksanaan
|
17 April s/d 27 Juli 2018
|
Tabel
1.3.1 Waktu Pelaksanaan PKL
Penulis
melaksanakan kegiatan PKL mulai tanggal 17 April s/d 27 Juli 2018, Adapun
tempat pelaksanaannya, penulis melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan
(PKL) di :
Nama
Perusahaan :
PT Dahana Berlian Motor
Alamat Perusahaan : Jln KH Z Mustofa No. 347 Tawang Tasikmalaya
1.3.2 Kegiatan Yang
Dilaksanakan
Dalam
melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 4 bulan , terhitung mulai tanggal 17
April s/d 27 Juli 2018.
Adapun
jadwal Praktik Kerja Lapangan di PT Dahana Berlian Motor seperti yang tertera
pada tabel berikut :
HARI
|
JAM MASUK
|
JAM ISTIRAHAT
|
JAM PULANG
|
Senin
|
07.45
|
12.00 - 13.00
|
17.00
|
Selasa
|
07.30
|
12.00 - 13.00
|
17.00
|
Rabu
|
07.45
|
12.00 - 13.00
|
17.00
|
Kamis
|
07.45
|
12.00 - 13.00
|
17.00
|
Jum’at
|
07.30
|
12.00 - 13.00
|
17.00
|
Tabel
1.3 Jadwal PKL di PT Dahana Berlian Motor
Penulis
telah melaksanakan beberapa kegiatan kerja
di PT Dahana Berlian Motor, adapun beberapa kegiatan yang telah
dilaksanakan selama di tempat PKL, meliputi :
a.
Mengganti universal joint.
b.
Mengganti pad rem depan.
c.
Mengganti sepatu rem belakang.
d.
Mengganti tie rod.
e.
Mengganti filter oli.
f.
Mengganti busi.
g.
Mengganti oil pan.
h.
Mengganti saringan solar.
i.
Mengganti transmisi
j.
Mengganti paking kepala silinder.
k.
Mengganti koopling.
l.
Mengganti oli mesin
m.
Mengganti oli gardan
n.
Mengganti oli transmisi
o.
Mengganti element water
separator
p.
Mengganti shock absorber
q.
Mengganti seal kit rem
r.
Steering system
s.
Scan komputer
t.
Reprograming ECU
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1.
Sejarah Berdirinya Perusahaan
PT Dahana
Berlian Motor Tasik berdiri pada tahun 1992 yang bertempat di Jl. KH Zainal
Musthofa No. 347 Kahuripan Tawang Tasikmalaya. PT Dahana Berlian Motor
merupakan bengkel resmi mitsubitshi, perusahaan ini bergerak dibidang otomotif
dengan beberapa jenis bisnis, yaitu: Sales (Penjualan), Service (Perbaikan dan
perawatan kendaraan), dan Separe part ( Penyediaan dan penjualan suku cadang)
Pimpinan pertama
perusahaan ini adalah Bpk. Nurdin dari tahun 1992 sampai tahun 2009 dan
sekarang PT Dahana Berlian Motor dipimpin oleh Bpk. Trisetyo Hadi.
PT Dahana
Berlian Motor merupakan salah satu dealer resmi PT Krama Yudha Tiga Berlian
Motor, baik Mitsubishi Fuso maupun Mitsubishi Motors. PT Dahana Berlian Motor
terdapat di beberapa wilayah, seperti Tasik, Garut, Bandung dan juga di
Pangandaran. PT Dahana Berlian Motor terus melakukan perkembangan hingga yang
terbaru, membuka cabang di daerah Rancaekek Bandung.
PT Dahana
Berlian Motor berpusat di daeler Tasik, dan membawahi daerah daerah cabang
bisnisnya. Tetapi untuk sekarang daeler pusatnya dipindah ke daeler baru yaitu
di Rancaekek. Sehingga showroom di Tasik menjadi cabangnya.
2.2.
Visi dan Misi Perusahaan
2.2.1. VISI
Menjadikan bengkel terpercaya dan memberikan pelayanan
terbaik kepada para konsumen guna mementingkan kepuasan para konsumen.
2.2.2.
MISI
a. Memberikan layanan terbaik bagi setiap
pelanggannya, baik dalam hal penjualan mobil Mitsubishi, penjualan suku cadang
(sparepart) Mitsubishi dan perbaikan (service) dan pemeliharaan.
b. Menggunakan asas
kekeluargaan dalam menjalani bisnis guna memperhatikan kesejahteraan bagi para
karyawannya.
c. Memberikan akses
kredit mudah kepada para konsumen.
2.3.
Struktur Organisasi
Direktur :
Suhardi Chandra
Branch Manager :
Tri Setyo Hadi
Service Manager :
Kusmana
Sparepart :
Dadang Rusdiana
Frontliner :
Erik Somantri
Service Advisor :
Nandar Suhendar
Kasir :
Noviyanti
Workshop Chief :
Amim
Workshop Lieader :
1.
Suryanto
2.
Andang Darojat
Mechanic :
1.
Sutardi
2.
Galih Hendra
3.
Michael
4.
Bisma Yapril
5.
Adi Nurhadi
6.
Wahyu Wibawa
7.
Hendi Rohendi
8.
Ab Sidiq
9.
Rendi Ridwan
10. Yadi
Mulyadi
11. Yangyang Permana
Oil Man/Tools Man : Dede Suryana
Washing Man :
Yoga Attawab
2.4.
Ruang Lingkup Kegiatan Bidang Usaha DU/DI
Di
setiap showroom PT Dahana Berlian Motor melakukan berbagai ruang lingkup usaha diantaranya
adalah :
a.
Showroom/sales
b.
Service
c.
Sparepart/genuie parts
d.
Body repair
2.5.
Penerapan Keselamatan Kerja
a.
Memakai
sepatu.
b. Memakai baju wearpack.
c. Memakai helm/pelindung
kepala
BAB III
PEMBAHASAN TEORI
3.1 PEMBAHASAN UMUM
3.1.1 Pengertian
Sistem Rem Kendaraan
Pengertian
rem secara umum adalah suatu sistem yang bekerja untuk memperlambat atau
menghentikan perputaran. Prinsip kerja sistem rem adalah mengubah tenaga
kinetik menjadi panas dengan cara menggesekan dua buah logam pada benda yang
berputar sehingga putarannya akan melambat, dengan demikian laju kendaraan
menjadi pelan atau berhenti dikarenakan adanya kerja rem.
Sistem
rem pada kendaraan merupakan suatu komponen penting sebagai keamanan dalam
berkendara, tidak berfungsinya rem dapat menimbulkan bahaya dan keamanan
berkendara jadi terganggu. Oleh sebab itu komponen rem yang bergesekan ini
harus tahan terhadap gesekan (tidak mudah aus), tahan panas dan tidak mudah
berubah bentuk pada saat bekerja dalam suhu tinggi.
Gesekan
(friction) merupakan faktor utama dalam pengereman. Oleh karena
itu, komponen yang dibuat untuk sistem rem harus mempunyai
sifat bahan yang tidak hanya menghasilkan jumlah gesekan yang besar,
tetapi juga harus tahan terhadap gesekan dan tidak menghasilkan panas yang
dapat menyebabkan bahan tersebut meleleh atau berubah bentuk. Bahan-bahan yang
tahan terhadap gesekan tersebut biasanya merupakan gabungan dari beberapa
bahan yang disatukan dengan melakukan perlakuan tertentu. Sejumlah
bahan tersebut antara lain: tembaga, kuningan, timah, grafit,
karbon, kevlar, resin/damar, fiber dan bahan-bahan aditif/tambahan
lainnya.
Rem
yang merupakan sistem pengendalian kendaraan, maka perangkat rem harus mendapat
perhatian lebih. Perawatan rutin harus tetap dijalankan untuk memaksimalkan
kerjanya. Idealnya perangkat rem perlu dicek setiap kendaraan menempuh
jarak 10.000 km. Ini untuk memastikan apakah komponen-komponennya masih dalam
kondisi sempurna.
Selain
itu, pembongkaran juga perlu untuk membersihkan dari penumpukan debu di
bagian kanvas, teromol, dan cakram. Debu berpotensi menyebabkan goresan pada
piringan atau tromol tergores.
3.1.2
Sistem
Rem Hidrolik
Sistem
Rem Hidrolik merupakan sistem rem yang menggunakan media fluida cair sebagai
media penghantar/ penyalur gerakan. Sistem Rem Hidrolik ini sangat rumit dan
perlu perawatan yang berkala karena komponen-komponen rawan terhadap kerusakan,
apabila terjadi kerusakan/ kebocoran pada selang atau sambungan- sambungan
penyalur fluida maka akan menggangu siklus aliran atau kerja dari Sistem Rem
hirolik. Komponen terpenting dalam Sistem Rem Hidrolik yaitu Sepatu Rem, Master
Cylinder, Actuactor Cylinder, dan Tuas. Sistem Rem Hidrolik ini bekerja yaitu
apabila Tuas pedal rem diinjak maka tuas akan meneruskan gerakan ke master Cylinder,
didalam Master Cylinder terjadi perubahan dari energi kinetik menjadi tekanan
pada minyak rem yang kemudian diteruskan menuju Actuactor Cylinder melewati
selang/pipa-pipa tekanan tinggi, setelah tekanan sampai di Actuactor Cylinder
kemudian gaya tekan dirubah kembali menjadi gerakan/kinetik oleh Actuactor
Cylinder untuk menggerakkan Sepatu rem untuk menekan tromol/ disc supaya
terjadi proses pengereman.
3.1.2.1 Komponen
utama Rem hidraulis
1.
Booster
rem merupakan satu komponen pada sistem yang dipasangkan menjadi satu dengan
master silinder dan setelah pedal rem, yang berfungsi untuk mengurangi tenaga
yang diperlukan pengemudi dalam pengereman.
Booster
rem yaitu karena adanya kevakuman dari intake manipol.
Komponen – komponen boster rem :
Piston;
Diaphragm spring;
Push rod;
Diaphragm;
Air cleaner element;
Vacuum.
Komponen – komponen boster rem :
Piston;
Diaphragm spring;
Push rod;
Diaphragm;
Air cleaner element;
Vacuum.
2.
Master Silinder
mengubah gerak pedal rem ke dalam tekanan hidrolis. Master silinder terdiri
dari resevoir tank yang beri minyak rem, demikian juga piston dan siliner yang
membangkitkan tekanan hidrolis.
3.
Katup P
(Propotioning Valve/Katup Pengimbang) berhubung rem depan membutuhkan tenaga
pengereman yang lebih besar dari rem – rem belakang sehubungan dengan
pemindahan berat kendaraan yang terjadi pada waktu melakukan pengereman yang
kuat.
4.
Flexible
hose/slang flesible menghubungkan pipa rem dan rem roda untuk mengimbangi
gerakan suspensi.
5.
Pipa – pipa rem
berfungsi untuk menyalurkan minyak rem dari master silinder ke ke rem.
3.1.3.
Fungsi Sistem Rem
Pada Kendaraan
Pada dasarnya sistem rem pada kendaraan
memiliki beberapa fungsi, yaitu :
a.
Untuk mengurangi
laju atau kecepatan kendaraan.
b.
Untuk
menghentikan laju kendaraan.
c.
Untuk
memungkinkan kendaraan dapat parkir (rem parkir/ hand brake) ditempayang tidak
rata (pada tanjakan atau turunan).
d.
Sebagai alat
yang menjamin keamanan dan keselamatan pengendara.
3.1.4
Tujuan
Perawatan Rem
a. Kondisi
kendaraan akan selalu dalam performa maksimal
b. Berkendara
menjadi lebih nyaman dan aman
c. Mengurangi
pembebanan biaya yang lebih besar
d. Mengurangi
resiko kendaraan tiba-tiba mogok diperjalanan
e. Umur
kendaraan menjadi lebih lama
f. Bagi kendaraan baru
merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan claim warranty
g.
Mematuhi
persyaratan peraturan yang berlaku
3.1.5
Macam
Macam Rem Dan
Komponen Rem Pada Kendaraan
a.
Rem piringan /
disk brake
Prinsif kerja rem cakram
menggunakan prinsif kerja hukum pascal dengan metode jepitan pada sebuah
piringan. Jepitan kampas rem pada sebuah piringan ini,
digerakan oleh piston yang terdapat didalam caliper rem.
Saat kita menginjak pedal rem, maka cairan hidrolik akan mengalir dan menekan piston didalam kaliper rem. Piston yang tertekan ini akan bergerak menekan dua buah kampas rem dengan arah saling mendekati secara segaris.
Saat kita menginjak pedal rem, maka cairan hidrolik akan mengalir dan menekan piston didalam kaliper rem. Piston yang tertekan ini akan bergerak menekan dua buah kampas rem dengan arah saling mendekati secara segaris.
Tipe Tipe Rem Piringan
a)
Apabila
dikategorikan berdasarkan jumlah piston :
· Single piston,
merupakan kaliper rem yang hanya memiliki satu buah piston untuk menggerakan
dua kampas rem.
· Multi piston, merupakan
kaliper rem yang memiliki dua atau lebih piston untuk menggerakan kaliper rem.
Biasanya semakin banyak piston semakin tinggi pula permukaan gesek rem.
b)
Berdasarkan
tipe aliran fluida, juga ada dua macam :
·
Tipe
fixed caliper, tipe ini biasanya memiliki dua atau lebih piston yang terletak
disamping kanan dan kiri kampas rem. Saat rem ditekan, maka piston-piston ini
saling menjepit.
·
Tipe
floating caliper, tipe ini biasanya hanya memiliki satu piston yang terletak di
sisi dalam. Namun, posisi caliper bisa digerakan ke kanan dan kekiri. Sehingga
ketika rem ditekan, gerakan piston akan mendorong kaliper untuk bergerak
sehingga bisa menjepit kampas.
1) Komponen-komponen
utama rem cakram
(a) Disc
rotor terbuat dari besi tuang dalam bentuk solid (biasa) dan berlubang-lubang untuk ventilasi. Tipe
ventilasi digunakan untuk menjamin pendinginan yang baik untuk mencegah fading
(koefisien gesek berkurang.
(b) Pad
Rem
Pad
(disc pad) terbuat dari campuran metallic fiber dan serbuk besi, yang disebut
semi-metallic disc pad. Pada pad diberi celah untuk menunjukkan tebal batas pad
yang diijinkan (mempermudah pemeriksaan).
Pada
beberapa pad terdapatanti-squel shim yang berfungsi untuk mencegah bunyi saat
pengereman, dan pad wear indicator untuk menginformasikan keausan pad yang
sudah tipis.
Tipe
Fixed Caliper (Double Piston)
Pada
tipe ini daya pengereman didapat bila pad ditekan piston secara hidraulis pada
kedua sisi disc.
Pada
tipe ini hanya terdapat satu piston. Tekanan hidraulis dari master cylinder
mendorong piston (A) dan selanjutnya menekan disc. Pada saat yang sama tekanan
hidraulis menekan sisi pad (B) menyebabkan caliper bergerak ke kanan dan
menjepit cakram dan terjadilah pengereman.
b. Rem
Tromol
Prinsif kerja pada rem berjenis teromol sepatu rem akan menekan sisi dalam rumah/mangkuk tromol ke
arah keluar sehingga terjadi gesekan yang dapat memperlambat laju mobil.
1)
Komponen-komponen
(a)
Backing Plate
Backing plate terbuat
dari baja press, karena sepatu rem terkait pada backing plate, maka aksi daya
pengereman tertumpu pada backing plate.
(b)
Silinder Roda
Ada dua tipe silinder
roda (wheel silinder): double piston dan single piston. Bila timbul tekanan
hidraulis pada master silinder maka akan menggerakkan piston cup, piston
akan menekan ke arah sepatu rem, kemudian menekan tromol rem. Apabila rem tidak
bekerja, piston akan kembali ke posisi semula karena kekuatan pegas pembalik
sepatu rem.
(c) Bleeder
plug
Berfungsi sebagai baut pembuangan udara
yang terdapat pada sistem rem.
(d) Sepatu
Rem
Sepatu rem terbuat dari
plat baja Kanvas rem dipasang dengan cara dikeling atau dilem. Kanvas terbuat dari campuran fiber
metalic, brass, lead, plastik dan sebagainya. Kanvas harus mempunyai koefisien
gesek yang tinggi dan harus dapat menahan panas dan aus.
(e) Tromol
Rem
Tromol
rem (brake drum) terbuat dari besi tuang (gray cast iron). Ketika kanvas
menekan bagian dalam dari tromol akan terjadi gesekan yang menimbulkan panas
yang mencapai suhu 200 – 300°C
3.1.6.
Sistem ABS
(Anti-lock Braking System)
Pada
saat melakukan pengereman mendadak, di kecepatan tinggi atau saat hujan yang
membuat jalan licin. Tentunya anda akan kesulitan dalam melakukan pengereman
mendadak. Roda menjadi terkunci dan mobil susah untuk dikendalikan. Sistem
anti-lock braking inilah, yang akan membantu anda, dalam melakukan pengereman
mendadak, dan membantu anda dalam mengendalikan mobil jika anda mengerem
mendadak.
3.2 PEMBAHASAN KHUSUS
3.2.1 Alat Yang Digunakan
Pembongkaran rem ini, membutuhkan beberapa alat dan kunci, yaitu :
a.
Car lift
b.
Impact
c.
Kunci shock 21mm
d.
Kunci ring 17mm
e.
Hamplas
f.
Air gun
g.
Stempet
h.
Kunci momen
i.
Palu
j.
Obeng (-)
3.2.2 Persiapan Kendaraan Sebelum dilakukan Service
a.
Pasang fendingcover
pada kendaraan.
b.
Parkirkan kendaraan dibawah carlift.
c.
Tempatkan kaki-kaki carlift pada chasis kendaraan.
d.
Naikan kendaraan sesuai kebutuhan.
3.2.3 Pembongkaran Roda Depan
a.
Buka
roda depan
menggunakan impact dan kunci shock 21mm.
b.
Simpan roda di wheel pack.
c.
Buka baut subpan kaliper
menggunakan kunci ring 17mm.
d.
Buka dan lepas baut sub pan kaliper, lalu angkat kaliper ke atas dan dorong
kaliper ke arah luar sehingga kaliper terlepas dari pan utama.
e.
Lepaskan kawat yang mengikat pad rem.
f.
Lepaskan pad rem.
3.2.4
Pembongkaran roda belakang
a.
Buka roda belakang menggunakan impact dan
kunci shock 21mm.
b. Simpan roda di wheel pack.
c.
Buka baut
pengunci plat penahan terhadap backing
plate menggunakan kunci ring 17mm, lalu angkat kaliper ke atas dan simpan
di sayap roda belakang.
d.
Untuk mempermudah pembukaan tromol pukul
menggunakan palu sampai tromol terlepas, lalu tarik keluar dan simpan di bawah
kendaraan.
3.2.5 Pemeriksaan dan Perawatan Rem Depan
a.
Periksa secara
visual ketebalan pad rem, kondisi permukaan disc rotor dan juga indikasi
kebocoran disekitar piston pada kaliper.
b.
Jika secara visual
masih baik dan layak digunakan maka pad rem dan disk rotor cukup dihamplas
sampai warna permukaan pad menjadi coklat cerah.
c.
Semprot menggunakan air gun sampai debu pada permukaan pad
rem, disk rotor dan pada kaliper bersih.
d.
Berikan sedikit grease pada ke-2 ujung pad rem, pen
utama dan subpen.
3.2.6 Pemeriksaan dan Perawatan Rem Belakang
a.
Periksa secara
visual ketebalan pad rem untuk rem
utama dan juga ketebalan sepatu rem untuk rem parkir.
b.
Periksa juga kondisi
permukaan dari disk rotor.
c.
Jika secara visual
masih baik dan layak pakai maka pad rem, sepatu rem, disk rem dan juga tromolnya cukup diamplas.
d.
Semprot menggunakan air gun hingga semua debu hilang.
e.
Setel rem parkir
secukupnya dengan cara memutarkan penyetelnya menggunakan obeng min, agar
langkah dari tuas rem parkir menjadi pendek.
3.2.7 Pemasangan Rem Depan
a.
Masukan ke-2 pad rem
dengan tepat.
b.
Masukan juga 2 buah
kawat yang mengunci pad rem.
c.
Pasang kembali kaliper kemudian kencangkan baut sub pen menggunakan kunci ring 17mm.
d.
Beri moment
pengencangan baut sub pen dengan momen 1000 n.m
e.
Pasang roda dan
kencangkan baut 21mm menggunakan impact
wrench soket 21mm.
3.2.8 Pemasangan Rem Belakang
a.
Pasang kembali disk rotor roda.
b.
Pasang juga kaliper
beserta plat penahannya pada backing
plate dengan cara mengencangkan ke-2 baut 17mm yang mengunci kaliper terhadap backing plat.
c.
Kencangkan baut 17mm
tersebut menggunakan kunci momen lalu berikan moment pengencangan sebesar 1200
n.m.
d.
Pasang kembali roda
dengan mengencangkan mur 21mm menggunakan impact
soket 21 mm.
3.2.9 Pemeriksaan Akhir
a.
Turunkan kendaraan
sampai roda menyentuh lantai.
b.
Periksa pengencangan
mur roda menggunakan kunci momen, sambungan pendek dan soket 21mm dengan
memberikan moment pengencangan 1400n.m.
c.
Lakukan juga pada
roda lainnya.
d.
Luruskan kaki carlift di bawah kendaraan.
e.
Buka fendingcover dan simpan pada tempatnya.
f.
Test ride kendaraan di area sekitar bengkel.
Demikianlah
penulis membahas mengenai pemeriksaan dan perawatan rem pada kendaraan Mitsubishi
Pajero Sport Dakar 2016.
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Berdasarkan kegiatan Praktik Kerja
Lapangan (PKL) yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan
kegiatan PKL dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kerja bagi siswa-siswi
SMKN Rajapolah di Dunia Usaha. Kegiatan PKL sangat bermanfaat untuk praktik
secara langsung di Dunia Usaha dan menjadi gambaran akan Dunia kerja.
Pengetahuan dan pengalaman selama PKL dapat membuka peluang lebih besar dalam
mencari pekerjaan bahkan membuka lapangan kerja untuk diri sendiri. Pelaksanaan
PKL menjadikan siswa kreatif dan aktif dalam melaksanakan kerja di Dunia Usaha
dan juga dengan pengalaman yang didapat selama melaksanakan Praktik Kerja
Lapangan (PKL) akan menjadi bekal dasar pengembangan diri dalam Dunia Kerja
secara berkelanjutan dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Simpulan dari pembahasan penulis yaitu rem pada kendaraan Mitsubishi Pajero Sport Dakar ini
menggunakan tipe rem cakram di keempat rodanya. Untuk tipe disk rotor depan
menggunakan tipe ventilasi dan menggunakan doubel
piston pada kalipernya sedangkan untuk disk rotor belakang menggunakan tipe
solid tromol dimana tromolnya digunakan untuk rem parkir dan pada rem belakang
ini menggunakan singel piston pada kalipernya.
Perawatan berkala sistem rem, harus rutin dilakukan,
anjuran untuk kendaraan yang dipakai secara normal adalah setiap 10.000 KM agar
sistem rem dapat bekerja dengan optimal setiap saat. Terutama untuk kendaraan
yang dipakai pada jarak jauh, karena semakin sering rem digunakan maka rem akan
cepat tipis, dengan dilakukannya perawatan ini maka kondisi dari pad rem akan
senantiasa terkontrol, selain itu juga perawatan rem secara rutin ini membuat
kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.
4.2 Saran
Beberapa
hal yang penulis temukan di lapangan saat pelaksanaan PKL sebagian kecil justru
tidak penulis temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Terkait dengan ini
penulis ajukan beberapa saran antara lain :
4.2.1 Saran untuk sekolah
1. Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan
keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi di dunia kerja. Dengan
demikian peserta PKL dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh
secara maksimal.
2. Dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang
melaksanakan PKL, hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan
siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat
menambah pengetahuan.
3. Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya
kerja yang berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian
apabila siswa melakukan PKL pada instansi sehingga para siswa akan dapat
menyesuaikan diri dengan mudah.
4. Hendaknya guru pembimbing harus lebih sering
memonitoring ke perusahaaan dimana siswa-siswi yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan
(PKL) supaya siswa-siswi lebih terkontrol lagi.
4.2.2 Saran untuk Industri
1. Kepada bapak yang ada di PT
Dahana Berlian Motors , penulis berharap bapak beserta ibu tidak
bosan-bosannya memberikan pengarahan dan bimbingan kepada penulis dan para peserta
PKL yang akan datang.
2. Bagi Mekanik, dapat memperkenalkan dan membolehkan peserta mencoba
menangani masalah yang lebih menantang sebagai bahan pelajaran.
3. Lebih meningkatkan ketertiban yang sudah berlaku.
4.2.3 Saran untuk Pembaca
1.
Bila pembaca sudah mengetahui tentang apa-apa yang sudah di bahas
tentang Sistem Rem, maka apa yang saya bahas merupakan bahan tambahan pengetahuan kita saja.
2. Untuk para pemula hendaknya melakukan
segala kegiatan yang berhubungan di perusahaan hendaknya ditemani oleh senior ,
agar apa-apa yang belum kita ketahui kita bisa menanyakannya agar tidak lebih
gegabah dalam melakukan hal yang kita inginkan.
3.
Bila anda memang ingin lebih mengetahui tentang Sistem Rem, kita bisa mencari referensi yang lain di
internet ataupun sumber terpercaya lainnya.
LAMPIRAN-
LAMPIRAN
DAFTAR
PUSTAKA
Pengertian Rem Dan Fungsinya
( Diakses 2 Juli
2018 )
Perbaikan
Sistem Rem Kendaraan
( Diakses 02 Juli 2018 )
Sistem Rem
Kendaraan
( Diakses 22 Juli 2018 )
Cara Kerja Rem
Hidrolik Kendaraan
( Diakses 31 Juli 2018
Terimakasih kak, sangat membantu sekali❤
ReplyDeleteMohon izin di salin oleh saya.