LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI PT DAHANA BERLIAN MOTOR TASIKMALAYA MENGENAI SISTEM REM


PERAWATAN SISTEM REM PAJERO SPORT DAKAR 2016
DI PT DAHANA BERLIAN MOTOR
Jl. KH Zainal Musthofa No. 347 Kahuripan Tawang Tasikmalaya

LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Diajukan untuk Memenuhi Syarat Ujian Sidang Verifikasi Praktik Kerja Lapangan


Oleh :

1.      ASEP SOHIBUL WAFA ( XII TKRO 4 )

2.      MUHAMAD AZZIL DINAR RAMADHAN ( XII TKRO 4 )



KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI RAJAPOLAH
KABUPATEN TASIKMALAYA
TAHUN 2018




LEMBAR PENGESAHAN


Disusun Oleh              : 1. Aos Firdaus (XII TKR 4)
 2. Agit Ramadhan (XII TKR 4)
 3. Handi Jalaludin (XII TKR 4)
Tempat PKL               : CV EMBA
Judul                           : PERBAIKAN REM CAKRAM KIJANG INNOVA 2010


Disetujui oleh :
Text Box: Pembimbing DU / DI


Anis Marsela
Text Box: Pembimbing Sekolah


Milda Wahyuningsih,S.Pd. 
NIP.198410292011012003
Text Box: Mengesahkan,
Text Box: Kepala SMK Negeri Rajapolah



H. Zenal Muttaqin, S. Pd., MM. Pd.
NIP. 19680902 199103 1 008
 





LEMBAR PENGUJIAN


Di Susun Oleh             : 1. Aos Firdaus (XII TKR 4)
  2. Agit Ramadhan (XII TKR 4)
  3. Handi Jalaludin (XII TKR 4)
Kelas                            : XII TKR 4
Tempat PKL               : CV EMBA
Judul                           : PERBAIKAN REM CAKRAM KIJANG INNOVA 2010

Pada hari       : ……………………..
Tanggal         : ……………………..




Penguji I




...............................................
     NIP./NUPTK

Penguji II



Milda Wahyuningsih,S.Pd.
NIP.198410292011012003

Text Box: Kepala Program Keahlian 
TKR


Koko Abdul Kodir.S.Pd. M.Eng
NIP. 196803152002121008
 
















                                          

KATA PENGANTAR
            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas diberikannya rahmat, petunjuk dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman dan ilmu yang diperoleh penulis saat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
Laporan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang telah penulis susun ini dibuat untuk memenuhi tugas dari sekolah dan juga sebagai jawaban atas pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dunia Usaha atau Dunia Industri.
Penulis menyadari bahwa laporan ini tidak akan disusun dengan baik jika tanpa adanya bantuan dan dukungan dari pihak-pihak terkait. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1.      Ayahanda, ibunda dan keluarga yang senantiasa memberikan dukungan moril dan materil yang juga selalu mendo’akan penulis agar menjadi orang yang berguna bagi orang lain.
2.      Bapak H.Zenal Muttaqin, S.Pd,MM.Pd selaku Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rajapolah.
3.      Bapak Toni Senjaya, S.E. selaku ketua panitia Praktik Kerja Industri.
4.      Bapak Koko Abdul Kodir,M.Eng sebagai kepala program keahlian Teknik Kendaraan Ringan sekaligus pembimbing dari pihak sekolah dalam pembuatan laporan.
5.      Bapak Suryanto selaku pembimbing di PT. Dahana Berlian Motor.
6.      Seluruh karyawan PT Dahana Berlian Motor.
7.      Seluruh guru jurusan Teknik Kendaraan Ringan atas bimbingannya, sehingga penulis bisa mempunyai keahlian di bidang Teknik Kendaraan Ringan.
8.      Seluruh rekan-rekan seperjuangan kelas XII Teknik Kendaraan Ringan yang selalu memberikan dukungan dan menjaga kebersamaan dalam keadaan susah maupun senang.
9.      Berbagai pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung kepada penulis dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) hingga penyusunan laporan ini yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kesalahan dan kekurangan dikarenakan keterbatasan kemampuan yang penulis miliki. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun sebagai bahan masukan penulis di masa yang akan datang.
Akhir kata, penulis mengharapkan laporan yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri pada khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.






Tasikmalaya, Juli 2018



Penulis
 
 

             
                                                                                                                  

           
                                                                     

DAFTAR ISI
LEMBAR PERSETUJUAN
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR................................................................................................  i
DAFTAR ISI.............................................................................................................. iii
DAFTAR GAMBAR................................................................................................. v
DAFTAR TABEL...................................................................................................... vi


BAB  1  PENDAHULUAN........................................................................................ 1
1.1.       Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan ............................................. 1
1.2.        Tujuan Praktik Kerja Lapangan........................................................... 2
1.2.1.    Tujuan Umum.......................................................................... 2
1.2.2         Tujuan Khusus......................................................................... 3
1.3         Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.................................................. 3
1.3.1         Waktu dan Tempat Pelaksanaan PKL..................................... 3
1.3.2         Kegiatan Yang Dilaksanakan.................................................. 4

BAB  II  PROFIL PERUSAHAAN.......................................................................... 6
2.1.   Sejarah Berdirinya Perusahaan............................................................ 6
2.2.   Visi dan Misi Perusahaan..................................................................... 7
2.2.1.  VISI............................................................................................ 7
2.2.2.  MISI........................................................................................... 7
2.3.   Struktur Organisasi .............................................................................. 7
2.4.Ruang Lingkup Kegiatan Bidang Usaha DU/DI................................... 8
2.5.Penerapan Keselamatan Kerja............................................................... 8

BAB III PEMBAHASAN........................................................................................... 9
3.1. PEMBAHASAN UMUM..................................................................... 9
3.1.1 Pengertian Sistem Rem Kendaraan.............................................. 9
3.1.2   Sistem Rem Hidrolik................................................................. 10
3.1.2.1  Komponen utama Rem hidraulis................................... 11
3.1.3   Fungsi Sistem Rem Pada Kendaraan........................................ 12
3.1.4   Tujuan Perawatan Rem............................................................. 12
3.1.5   Macam Macam Rem Rem Pada Kendaraan............................. 12

3.2.PEMBAHASAN KHUSUS................................................................ 18
3.2.1   Alat Yang Digunakan................................................................ 18
3.2.2   Persiapan Kendaraan Sebelum dilakukan Service..................... 18
3.2.3   Pembongkaran Roda Depan...................................................... 18
3.2.4   Pembongkaran roda belakang.................................................... 21
3.2.5   Pemeriksaan dan Perawatan Rem Depan.................................. 21
3.2.6   Pemeriksaan dan Perawatan Rem Belakang.............................. 26
3.2.7   Pemasangan Rem Depan........................................................... 23
3.2.8   Pemasangan Rem Belakang....................................................... 24
3.2.9   Pemeriksaan Akhir...................................................................  24

BAB  IV  PENUTUP................................................................................................ 25
4.1 Kesimpulan........................................................................................... 25
4.2 Saran.................................................................................................... 26

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 27
LAMPIRAN




DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1 Sistem Rem Kendaraan......................................................................... .. 9      
Gambar 3.2 Sistem Rem Hidrolik ............................................................................. 10                  
Gambar 3.3 Disc Rotor............................................................................................. 13      
Gambar 3.4 Pad rem................................................................................................. 14
Gambar 3.5 Fixed caliper.......................................................................................... 14
Gambar 3.6 Floating caliper................................................................................. .....15
Gambar 3.7 Backing Plat.......................................................................................... 15
Gambar 3.8 Bleeder Plug.......................................................................................... 16       
Gambar 3.9 Sepatu rem............................................................................................. 16
Gambar 3.10 Sistem ABS.......................................................................................... 17
Gambar 3.11 Buka Roda........................................................................................... 18
Gambar 3.12 Wheel Pack.......................................................................................... 19
Gambar 3.13 Kaliper................................................................................................. 19
Gambar 3.14 Kawat Pad Rem.................................................................................. 20       
Gambar 3.15 Pad Rem.............................................................................................. 20
Gambar 3.16 Buka Roda Belakang........................................................................... 21
Gambar 3.17 Wheel Pack.......................................................................................... 21
Gambar 3.18 Air Gun Clean Pad Rem..................................................................... 22
Gambar 3.19 Pemeriksaan Rem................................................................................ 22
Gambar 3.20 Penghamplasan Disc Rotor................................................................. 23
Gambar 3.21 Pembersihan Rem Parkir.................................................................... 23





DAFTAR TABEL
 Tabel 1.3 Waktu Pelaksanaan PKL.......................................................................... 4
Tabel 1.3 Jadwal PKL di PT Dahana Berlian Motor................................................ 4





BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan
Berdasarkan sudut pandang pendidikan, Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan satu muatan/content kurikulum suatu lembaga pendidikan kejuruan (lihat pasal 36 ayat 3 huruf f pasal 37 ayat 1 UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional). PKL dimaksudkan untuk memberikan wawasan praktis berdasarkan teori-teori yang dipelajari di lembaga pendidikan kejuruan. Dari sudut pandang ketenagakerjaan, PKL merupakan salah satu wujud pelatihan ditempat kerja/on the job training. Dalam pelatihan di tempat kerja atau PKL, siswa pelatihan hanya diberikan wawasan secara garis besar  dan tidak utuh, dikarenakan waktu yang terbatas. Berbeda halnya dengan karyawan asli di perusahaan, mereka dapat langsung merasakan suasana kerja yang sebenarnya dengan diberikan balasan yang setimpal seperti halnya upah/gaji, tetapi hal tersebut tidak mutlak terjadi dan tergantung pada kebijakan Dunia Usaha/Dunia Industri yang bersangkutan.
Berdasarkan struktur program kurikulum SMK bahwa setiap siswa yang akan melanjutkan ke semester berikutnya dan yang akan mengakhiri jenjang pendidikan kejuruan, harus melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di industri-industri maupun lembaga–lembaga swasta. Landasan ini pula yang mengantarkan SMK Negeri Rajapolah menyelenggarakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagaimana telah tertuang dalam ketentuan kurikulum SMK Negeri Rajapolah. Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan sistematika dan sinkronisasi antara program pendidikan di sekolah dan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja secara langsung dengan dunia kerja secara terarah, tujuannya untuk membentuk keahlian dan  mental siswa agar pada saat lulus dari SMK siap terjun dalam dunia kerja.
Selain itu hal yang melatarbelakangi kegiatan PKL, seperti halnya apa yang sudah ditulis diatas, merupakan salah satu muatan dari kurikulum suatu lembaga pendidikan kejuruan, maka ketentuan mengenai hak/kewajiban siswa PKL  dengan Dunia Usaha/Dunia Industri pelaksanaan tempat kerja diatur dan disepakati diantara para pihak. Praktik Kerja Lapangan (PKL)  dilaksanakan dengan harapan sebagai siswa yang nantinya lulus, dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diterimanya di sekolah, sehingga apabila di kemudian hari siswa bekerja di perusahaan dapat mengembangkan dan juga menerapkan kompetensi yang didapat dan dimilikinya di dunia kerja. Oleh karena itu, penulis memilih melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. Dahana Berlian Motor.

1.2. Tujuan Praktik Kerja Lapangan
Setiap kegiatan yang telah dilaksanakan, pasti ada tujuan yang hendak dicapai. Tujuan yang ingin dicapai penulis setelah dilaksanakannya program Praktik Kerja Lapangan (PKL) dapat dikelompokan kedalam 2 (dua) tujuan, yaitu :

1.2.1.    Tujuan Umum
a.    Siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari dunia kerja yang berkaitan dengan kompetensi dan keahlian yang dipelajari di Sekolah.
b.    Siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari dunia kerja berkaitan dengan disiplin, etika , tantangan, hambatan dan hal lainnya yang berhubungan dengan Dunia Usaha/Dunia Industri.
c.    Dunia Usaha/Dunia Industri dapat ikut menentukan arah pendidikan atau pelatihan bagi sekolah dengan memberikan koreksi, saran dan masukan berkaitan dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan dunia kerja.
d.   Dunia Usaha/Dunia Industri dapat memetakan agenda kebutuhan tenaga kerja melalui pengujian terhadap siswa yang melaksanakan kegitan PKL diperusahaannya.
e.    Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Agar Dunia Usaha/Dunia Industri dapat memetakan agenda kebutuhan tenaga kerja melalui pengujian terhadap siswa yang melaksanakan kegiatan PKL di perusahaannya.
f.     Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja, sesuai dengan bagian dari proses pendidikan agar dapat dijadikan pengalaman bagi siswa di masa yang akan datang.
g.    Meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan kejuruan melalui peran Dunia Usaha/Dunia Industri.

1.2.2.       Tujuan Khusus
a.    Mendapatkan keterampilan atau pengetahuan yang saling mengisi dan melengkapi antara pendidikan disekolah dengan keahlian yang diperoleh melalui Praktik Kerja Lapangan.
b.   Menjalin kerjasama yang berkelanjutan antara perusahaan dan sekolah, yang dapat menguntungkan antara kedua belah pihak yang bersangkutan agar tercapainya tujuan yang diinginkan.
c.    Memberikan suatu dorongan atau motivasi dalam diri siswa – siswi agar menunjukkan dirinya mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.

1.3  Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
1.3.1   Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Kegiatan PKL dilaksanakan dengan ketentuan waktu yang sudah disusun atau dijadwalkan oleh pihak sekolah. Adapun jadwalnya seperti yang tertera dalam tabel dibawah ini :
Tanggal pelaksanaan
17 April s/d 27 Juli 2018
Tabel 1.3.1  Waktu Pelaksanaan PKL
Penulis melaksanakan kegiatan PKL mulai tanggal 17 April s/d 27 Juli 2018, Adapun tempat pelaksanaannya, penulis melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di :
Nama Perusahaan          : PT Dahana Berlian Motor
Alamat Perusahaan       :  Jln KH Z Mustofa No. 347 Tawang   Tasikmalaya

1.3.2  Kegiatan Yang Dilaksanakan
Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 4 bulan , terhitung mulai tanggal 17 April s/d 27 Juli 2018.
Adapun jadwal Praktik Kerja Lapangan di PT Dahana Berlian Motor seperti yang tertera pada tabel berikut :
HARI
JAM MASUK
JAM ISTIRAHAT
JAM PULANG
Senin
07.45
12.00  -  13.00
17.00
Selasa
07.30
12.00  -  13.00
17.00
Rabu
07.45
12.00  -  13.00
17.00
Kamis
07.45
12.00  -  13.00
17.00
Jum’at
07.30
12.00  -  13.00
17.00
Tabel 1.3 Jadwal PKL di PT Dahana Berlian Motor
Penulis telah melaksanakan beberapa kegiatan kerja  di PT Dahana Berlian Motor, adapun beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan selama di tempat PKL, meliputi :
a.       Mengganti universal joint.
b.      Mengganti pad rem depan.
c.       Mengganti sepatu rem belakang.
d.      Mengganti tie rod.
e.       Mengganti filter oli.
f.       Mengganti busi.
g.      Mengganti oil pan.
h.      Mengganti saringan solar.
i.        Mengganti transmisi
j.        Mengganti paking kepala silinder.
k.      Mengganti koopling.
l.        Mengganti oli mesin
m.    Mengganti oli gardan
n.      Mengganti oli transmisi
o.      Mengganti element water separator
p.      Mengganti shock absorber
q.      Mengganti seal kit rem
r.        Steering system
s.       Scan komputer
t.        Reprograming ECU



BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1.   Sejarah Berdirinya Perusahaan
PT Dahana Berlian Motor Tasik berdiri pada tahun 1992 yang bertempat di Jl. KH Zainal Musthofa No. 347 Kahuripan Tawang Tasikmalaya. PT Dahana Berlian Motor merupakan bengkel resmi mitsubitshi, perusahaan ini bergerak dibidang otomotif dengan beberapa jenis bisnis, yaitu: Sales (Penjualan), Service (Perbaikan dan perawatan kendaraan), dan Separe part ( Penyediaan dan penjualan suku cadang)
Pimpinan pertama perusahaan ini adalah Bpk. Nurdin dari tahun 1992 sampai tahun 2009 dan sekarang PT Dahana Berlian Motor dipimpin oleh Bpk. Trisetyo Hadi.
PT Dahana Berlian Motor merupakan salah satu dealer resmi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor, baik Mitsubishi Fuso maupun Mitsubishi Motors. PT Dahana Berlian Motor terdapat di beberapa wilayah, seperti Tasik, Garut, Bandung dan juga di Pangandaran. PT Dahana Berlian Motor terus melakukan perkembangan hingga yang terbaru, membuka cabang di daerah Rancaekek Bandung.
PT Dahana Berlian Motor berpusat di daeler Tasik, dan membawahi daerah daerah cabang bisnisnya. Tetapi untuk sekarang daeler pusatnya dipindah ke daeler baru yaitu di Rancaekek. Sehingga showroom di Tasik menjadi cabangnya.


2.2.     Visi dan Misi Perusahaan
2.2.1.   VISI
Menjadikan bengkel terpercaya dan memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen guna mementingkan kepuasan para konsumen.
2.2.2.      MISI
a.   Memberikan layanan terbaik bagi setiap pelanggannya, baik dalam hal penjualan mobil Mitsubishi, penjualan suku cadang (sparepart) Mitsubishi dan perbaikan (service) dan pemeliharaan.
b.  Menggunakan asas kekeluargaan dalam menjalani bisnis guna memperhatikan kesejahteraan bagi para karyawannya.
c.  Memberikan akses kredit mudah kepada para konsumen.
2.3.    Struktur Organisasi
Direktur                  : Suhardi Chandra
Branch Manager     : Tri Setyo Hadi
Service Manager     : Kusmana
Sparepart                : Dadang Rusdiana
Frontliner                : Erik Somantri
Service Advisor      : Nandar Suhendar
Kasir                       : Noviyanti
Workshop Chief     : Amim
Workshop Lieader  :
1.      Suryanto
2.      Andang Darojat
Mechanic                :
1.      Sutardi
2.      Galih Hendra
3.      Michael
4.      Bisma Yapril
5.      Adi Nurhadi
6.      Wahyu Wibawa
7.      Hendi Rohendi
8.      Ab Sidiq
9.      Rendi Ridwan
10.   Yadi Mulyadi
11.  Yangyang Permana
Oil Man/Tools Man            : Dede Suryana
Washing Man                     : Yoga Attawab
2.4.   Ruang Lingkup Kegiatan Bidang Usaha DU/DI
Di setiap showroom PT Dahana Berlian Motor melakukan berbagai ruang lingkup usaha diantaranya adalah :
a.    Showroom/sales
b.    Service
c.    Sparepart/genuie parts
d.   Body repair

2.5.        Penerapan Keselamatan Kerja
a.     Memakai sepatu.
b.    Memakai baju wearpack. 
c.     Memakai helm/pelindung kepala
  
BAB III
PEMBAHASAN TEORI

3.1 PEMBAHASAN UMUM
3.1.1   Pengertian Sistem Rem Kendaraan
Pengertian rem secara umum adalah suatu sistem yang bekerja untuk memperlambat atau menghentikan perputaran. Prinsip kerja sistem rem adalah mengubah tenaga kinetik menjadi panas dengan cara menggesekan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat, dengan demikian laju kendaraan menjadi pelan atau berhenti dikarenakan adanya kerja rem.






Text Box: Gambar 3.1 Sistem Rem Kendaraan
 



Sistem rem pada kendaraan merupakan suatu komponen penting sebagai keamanan dalam berkendara, tidak berfungsinya rem dapat menimbulkan bahaya dan keamanan berkendara jadi terganggu. Oleh sebab itu komponen rem yang bergesekan ini harus tahan terhadap gesekan (tidak mudah aus), tahan panas dan tidak mudah berubah bentuk pada saat bekerja dalam suhu tinggi.

 Gesekan (friction) merupakan faktor utama dalam pengereman. Oleh karena itu, komponen yang dibuat untuk sistem rem harus mempunyai sifat bahan yang tidak hanya menghasilkan jumlah gesekan yang besar, tetapi juga harus tahan terhadap gesekan dan tidak menghasilkan panas yang dapat menyebabkan bahan tersebut meleleh atau berubah bentuk. Bahan-bahan yang tahan terhadap gesekan tersebut biasanya merupakan gabungan dari beberapa bahan yang disatukan dengan melakukan perlakuan tertentu. Sejumlah bahan tersebut antara lain: tembaga, kuningan, timah, grafit, karbon, kevlar, resin/damar, fiber dan bahan-bahan aditif/tambahan lainnya.

Rem yang merupakan sistem pengendalian kendaraan, maka perangkat rem harus mendapat perhatian lebih. Perawatan rutin harus tetap dijalankan untuk memaksimalkan kerjanya. Idealnya perangkat rem perlu dicek setiap kendaraan menempuh jarak 10.000 km. Ini untuk memastikan apakah komponen-komponennya masih dalam kondisi sempurna.

Selain itu, pembongkaran juga perlu untuk membersihkan dari penumpukan debu di bagian kanvas, teromol, dan cakram. Debu berpotensi menyebabkan goresan pada piringan atau tromol tergores.

3.1.2    Sistem Rem Hidrolik
 
Text Box: Gambar 3.2 Sistem Rem Hidrolik
 

Sistem Rem Hidrolik merupakan sistem rem yang menggunakan media fluida cair sebagai media penghantar/ penyalur gerakan. Sistem Rem Hidrolik ini sangat rumit dan perlu perawatan yang berkala karena komponen-komponen rawan terhadap kerusakan, apabila terjadi kerusakan/ kebocoran pada selang atau sambungan- sambungan penyalur fluida maka akan menggangu siklus aliran atau kerja dari Sistem Rem hirolik. Komponen terpenting dalam Sistem Rem Hidrolik yaitu Sepatu Rem, Master Cylinder, Actuactor Cylinder, dan Tuas. Sistem Rem Hidrolik ini bekerja yaitu apabila Tuas pedal rem diinjak maka tuas akan meneruskan gerakan ke master Cylinder, didalam Master Cylinder terjadi perubahan dari energi kinetik menjadi tekanan pada minyak rem yang kemudian diteruskan menuju Actuactor Cylinder melewati selang/pipa-pipa tekanan tinggi, setelah tekanan sampai di Actuactor Cylinder kemudian gaya tekan dirubah kembali menjadi gerakan/kinetik oleh Actuactor Cylinder untuk menggerakkan Sepatu rem untuk menekan tromol/ disc supaya terjadi proses pengereman.
3.1.2.1  Komponen utama Rem hidraulis
1.    Booster rem merupakan satu komponen pada sistem yang dipasangkan menjadi satu dengan master silinder dan setelah pedal rem, yang berfungsi untuk mengurangi tenaga yang diperlukan pengemudi dalam pengereman.
Booster rem yaitu karena adanya kevakuman dari intake manipol.
Komponen – komponen boster rem :
Piston;
Diaphragm spring;
Push rod;
Diaphragm;
Air cleaner element;
Vacuum.
2.    Master Silinder mengubah gerak pedal rem ke dalam tekanan hidrolis. Master silinder terdiri dari resevoir tank yang beri minyak rem, demikian juga piston dan siliner yang membangkitkan tekanan hidrolis.
3.    Katup P (Propotioning Valve/Katup Pengimbang) berhubung rem depan membutuhkan tenaga pengereman yang lebih besar dari rem – rem belakang sehubungan dengan pemindahan berat kendaraan yang terjadi pada waktu melakukan pengereman yang kuat.
4.    Flexible hose/slang flesible menghubungkan pipa rem dan rem roda untuk mengimbangi gerakan suspensi.
5.    Pipa – pipa rem berfungsi untuk menyalurkan minyak rem dari master silinder ke ke rem.

3.1.3.      Fungsi Sistem Rem Pada Kendaraan
Pada dasarnya sistem rem pada kendaraan memiliki beberapa fungsi, yaitu :
a.    Untuk mengurangi laju atau kecepatan kendaraan.
b.    Untuk menghentikan laju kendaraan.
c.    Untuk memungkinkan kendaraan dapat parkir (rem parkir/ hand brake) ditempayang tidak rata (pada tanjakan atau turunan).
d.   Sebagai alat yang menjamin keamanan dan keselamatan pengendara.

3.1.4         Tujuan Perawatan Rem
a.    Kondisi kendaraan akan selalu dalam performa maksimal
b.    Berkendara menjadi lebih nyaman dan aman
c.    Mengurangi pembebanan biaya yang lebih besar
d.   Mengurangi resiko kendaraan tiba-tiba mogok diperjalanan
e.    Umur kendaraan menjadi lebih lama
f.      Bagi kendaraan baru merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan claim warranty
g.    Mematuhi persyaratan peraturan yang berlaku
                                                       
3.1.5        Macam Macam Rem Dan Komponen Rem Pada Kendaraan
a.     Rem piringan / disk brake
Prinsif kerja rem cakram menggunakan prinsif kerja hukum pascal dengan metode jepitan pada sebuah piringan. Jepitan kampas rem pada sebuah piringan ini, digerakan oleh piston yang terdapat didalam caliper rem.
Saat kita menginjak pedal rem, maka cairan hidrolik akan mengalir dan menekan piston didalam kaliper rem. Piston yang tertekan ini akan bergerak menekan dua buah kampas rem dengan arah saling mendekati secara segaris.
Tipe Tipe Rem Piringan
a)        Apabila dikategorikan berdasarkan jumlah piston :
· Single piston, merupakan kaliper rem yang hanya memiliki satu buah piston untuk menggerakan dua kampas rem.
· Multi piston, merupakan kaliper rem yang memiliki dua atau lebih piston untuk menggerakan kaliper rem. Biasanya semakin banyak piston semakin tinggi pula permukaan gesek rem.
b)    Berdasarkan tipe aliran fluida, juga ada dua macam :
·      Tipe fixed caliper, tipe ini biasanya memiliki dua atau lebih piston yang terletak disamping kanan dan kiri kampas rem. Saat rem ditekan, maka piston-piston ini saling menjepit.
·      Tipe floating caliper, tipe ini biasanya hanya memiliki satu piston yang terletak di sisi dalam. Namun, posisi caliper bisa digerakan ke kanan dan kekiri. Sehingga ketika rem ditekan, gerakan piston akan mendorong kaliper untuk bergerak sehingga bisa menjepit kampas.

1)   Komponen-komponen utama rem cakram
(a)      Disc rotor terbuat dari besi tuang dalam bentuk solid (biasa) dan berlubang-lubang untuk ventilasi. Tipe ventilasi digunakan untuk menjamin pendinginan yang baik untuk mencegah fading (koefisien gesek berkurang.

Text Box: Gambar 3.3 Disc Rotor


(b)     Pad Rem
Pad (disc pad) terbuat dari campuran metallic fiber dan serbuk besi, yang disebut semi-metallic disc pad. Pada pad diberi celah untuk menunjukkan tebal batas pad yang diijinkan (mempermudah pemeriksaan).
Pada beberapa pad terdapatanti-squel shim yang berfungsi untuk mencegah bunyi saat pengereman, dan pad wear indicator untuk menginformasikan keausan pad yang sudah tipis.


Text Box: Gambar 3.4 Pad rem



(c)      Caliper
Tipe Fixed Caliper (Double Piston)
Pada tipe ini daya pengereman didapat bila pad ditekan piston secara hidraulis pada kedua sisi disc.
 

Text Box: Gambar 3.5 Fixed caliper

Tipe Floating Caliper
Pada tipe ini hanya terdapat satu piston. Tekanan hidraulis dari master cylinder mendorong piston (A) dan selanjutnya menekan disc. Pada saat yang sama tekanan hidraulis menekan sisi pad (B) menyebabkan caliper bergerak ke kanan dan menjepit cakram dan terjadilah pengereman.



b.    Rem Tromol

Prinsif kerja pada rem berjenis teromol sepatu rem akan menekan sisi dalam rumah/mangkuk tromol ke arah keluar sehingga terjadi gesekan yang dapat memperlambat laju mobil.
1)        Komponen-komponen
(a)  Backing Plate
Backing plate terbuat dari baja press, karena sepatu rem terkait pada backing plate, maka aksi daya pengereman tertumpu pada backing plate. 

 


(b)  Silinder Roda
Ada dua tipe silinder roda (wheel silinder): double piston dan single piston. Bila timbul tekanan hidraulis  pada master silinder maka akan menggerakkan piston cup, piston akan menekan ke arah sepatu rem, kemudian menekan tromol rem. Apabila rem tidak bekerja, piston akan kembali ke posisi semula karena kekuatan pegas pembalik sepatu rem.

(c)  Bleeder plug
Berfungsi sebagai baut pembuangan udara yang terdapat pada sistem rem.

(d) Sepatu Rem
Sepatu rem terbuat dari plat baja Kanvas rem dipasang dengan cara dikeling atau dilem. Kanvas terbuat dari campuran fiber metalic, brass, lead, plastik dan sebagainya. Kanvas harus mempunyai koefisien gesek yang tinggi dan harus dapat menahan panas dan aus.


 

(e)  Tromol Rem
Tromol rem (brake drum) terbuat dari besi tuang (gray cast iron). Ketika kanvas menekan bagian dalam dari tromol akan terjadi gesekan yang menimbulkan panas yang mencapai suhu 200 – 300°C

3.1.6. Sistem ABS (Anti-lock Braking System)
Pada saat melakukan pengereman mendadak, di kecepatan tinggi atau saat hujan yang membuat jalan licin. Tentunya anda akan kesulitan dalam melakukan pengereman mendadak. Roda menjadi terkunci dan mobil susah untuk dikendalikan. Sistem anti-lock braking inilah, yang akan membantu anda, dalam melakukan pengereman mendadak, dan membantu anda dalam mengendalikan mobil jika anda mengerem mendadak.



3.2    PEMBAHASAN KHUSUS
3.2.1   Alat Yang Digunakan
Pembongkaran rem ini, membutuhkan beberapa alat dan kunci, yaitu :
a.       Car lift
b.      Impact
c.       Kunci shock 21mm
d.      Kunci ring 17mm
e.       Hamplas
f.       Air gun
g.      Stempet
h.      Kunci momen
i.        Palu
j.        Obeng (-)
3.2.2   Persiapan Kendaraan Sebelum dilakukan Service
a.       Pasang fendingcover pada kendaraan.
b.      Parkirkan kendaraan dibawah carlift.
c.       Tempatkan kaki-kaki carlift pada chasis kendaraan.
d.      Naikan kendaraan sesuai kebutuhan.
3.2.3   Pembongkaran Roda Depan
a.    Buka roda depan  menggunakan impact dan kunci shock 21mm.







Text Box: Gambar 3.11 Buka Roda
 


b.    Simpan roda di wheel pack.






Text Box: Gambar 3.12 Wheel Pack
 


c.    Buka baut subpan kaliper menggunakan kunci ring 17mm.
d.   Buka dan lepas baut sub pan kaliper, lalu angkat kaliper ke atas dan dorong kaliper ke arah luar sehingga kaliper terlepas dari pan utama.







Text Box: Gambar 3.13 Kaliper
 









e.    Lepaskan kawat yang mengikat pad rem.








Text Box: Gambar 3.14 Kawat Pad Rem
 


f.     Lepaskan pad rem.








Text Box: Gambar 3.15 Pad Rem
 









3.2.4   Pembongkaran roda belakang
a.       Buka roda belakang menggunakan impact dan kunci shock 21mm.






Text Box: Gambar 3.16 Buka Roda Belakang
 


b.      Simpan roda di wheel pack.








Text Box: Gambar 3.17 Wheel Pack
 


c.       Buka baut  pengunci plat penahan terhadap backing plate menggunakan kunci ring 17mm, lalu angkat kaliper ke atas dan simpan di sayap roda belakang.
d.      Untuk mempermudah pembukaan tromol pukul menggunakan palu sampai tromol terlepas, lalu tarik keluar dan simpan di bawah kendaraan.

3.2.5   Pemeriksaan dan Perawatan Rem Depan
a.       Periksa secara visual ketebalan pad rem, kondisi permukaan disc rotor dan juga indikasi kebocoran disekitar piston pada kaliper.
b.      Jika secara visual masih baik dan layak digunakan maka pad rem dan disk rotor cukup dihamplas sampai warna permukaan pad menjadi coklat cerah.
c.       Semprot menggunakan air gun sampai debu pada permukaan pad rem, disk rotor dan pada kaliper bersih.





Text Box: Gambar 3.18 Air Gun Clean Pad Rem
 

d.      Berikan sedikit grease pada ke-2 ujung pad rem, pen utama dan subpen.

3.2.6   Pemeriksaan dan Perawatan Rem Belakang
a.       Periksa secara visual ketebalan pad rem untuk rem utama dan juga ketebalan sepatu rem untuk rem parkir.





Text Box: Gambar 3.19 Pemeriksaan Rem
 

b.      Periksa juga kondisi permukaan dari disk rotor.
c.       Jika secara visual masih baik dan layak pakai maka pad rem, sepatu rem, disk rem dan juga tromolnya cukup diamplas.





Text Box: Gambar 3.20 Penghamplasan Disc Rotor
 


d.      Semprot menggunakan air gun hingga semua debu hilang.





Text Box: Gambar 3.21 Pembersihan Rem Parkir
 


e.       Setel rem parkir secukupnya dengan cara memutarkan penyetelnya menggunakan obeng min, agar langkah dari tuas rem parkir menjadi pendek.

3.2.7   Pemasangan Rem Depan
a.      Masukan ke-2 pad rem dengan tepat.
b.      Masukan juga 2 buah kawat yang mengunci pad rem.
c.      Pasang kembali kaliper kemudian kencangkan baut sub pen menggunakan kunci ring 17mm.
d.     Beri moment pengencangan baut sub pen dengan momen 1000 n.m
e.      Pasang roda dan kencangkan baut 21mm menggunakan impact wrench soket 21mm.

3.2.8   Pemasangan Rem Belakang
a.    Pasang kembali disk rotor roda.
b.    Pasang juga kaliper beserta plat penahannya pada backing plate dengan cara mengencangkan ke-2 baut 17mm yang mengunci kaliper terhadap backing plat.
c.    Kencangkan baut 17mm tersebut menggunakan kunci momen lalu berikan moment pengencangan sebesar 1200 n.m.
d.   Pasang kembali roda dengan mengencangkan mur 21mm menggunakan impact soket 21 mm.

3.2.9   Pemeriksaan Akhir
a.    Turunkan kendaraan sampai roda menyentuh lantai.
b.    Periksa pengencangan mur roda menggunakan kunci momen, sambungan pendek dan soket 21mm dengan memberikan moment pengencangan 1400n.m.
c.    Lakukan juga pada roda lainnya.
d.   Luruskan kaki carlift di bawah kendaraan.
e.    Buka fendingcover dan simpan pada tempatnya.
f.     Test ride kendaraan di area sekitar bengkel.

Demikianlah penulis membahas mengenai pemeriksaan dan perawatan rem pada kendaraan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2016.




BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
     Berdasarkan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan kegiatan PKL dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kerja bagi siswa-siswi SMKN Rajapolah di Dunia Usaha. Kegiatan PKL sangat bermanfaat untuk praktik secara langsung di Dunia Usaha dan menjadi gambaran akan Dunia kerja. Pengetahuan dan pengalaman selama PKL dapat membuka peluang lebih besar dalam mencari pekerjaan bahkan membuka lapangan kerja untuk diri sendiri. Pelaksanaan PKL menjadikan siswa kreatif dan aktif dalam melaksanakan kerja di Dunia Usaha dan juga dengan pengalaman yang didapat selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) akan menjadi bekal dasar pengembangan diri dalam Dunia Kerja secara berkelanjutan dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
 Simpulan dari pembahasan penulis yaitu rem pada kendaraan Mitsubishi Pajero Sport Dakar ini menggunakan tipe rem cakram di keempat rodanya. Untuk tipe disk rotor depan menggunakan tipe ventilasi dan menggunakan doubel piston pada kalipernya sedangkan untuk disk rotor belakang menggunakan tipe solid tromol dimana tromolnya digunakan untuk rem parkir dan pada rem belakang ini menggunakan singel piston pada kalipernya.
Perawatan berkala sistem rem, harus rutin dilakukan, anjuran untuk kendaraan yang dipakai secara normal adalah setiap 10.000 KM agar sistem rem dapat bekerja dengan optimal setiap saat. Terutama untuk kendaraan yang dipakai pada jarak jauh, karena semakin sering rem digunakan maka rem akan cepat tipis, dengan dilakukannya perawatan ini maka kondisi dari pad rem akan senantiasa terkontrol, selain itu juga perawatan rem secara rutin ini membuat kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.
4.2 Saran
Beberapa hal yang penulis temukan di lapangan saat pelaksanaan PKL sebagian kecil justru tidak penulis temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Terkait dengan ini penulis ajukan beberapa saran antara lain :
4.2.1 Saran untuk sekolah
1. Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi di dunia kerja. Dengan demikian peserta PKL dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
2. Dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang melaksanakan PKL, hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
3. Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerja yang berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian apabila siswa melakukan PKL pada instansi sehingga para siswa akan dapat menyesuaikan diri dengan mudah.
4. Hendaknya guru pembimbing harus lebih sering memonitoring ke perusahaaan dimana siswa-siswi yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) supaya siswa-siswi lebih terkontrol lagi.
4.2.2 Saran untuk Industri
1. Kepada bapak yang ada di PT Dahana Berlian Motors , penulis berharap bapak beserta ibu tidak bosan-bosannya memberikan pengarahan dan bimbingan kepada penulis dan para peserta PKL yang akan datang.
2. Bagi Mekanik, dapat memperkenalkan dan membolehkan peserta mencoba menangani masalah yang lebih menantang sebagai bahan pelajaran.
3. Lebih meningkatkan ketertiban yang sudah berlaku.


4.2.3  Saran untuk Pembaca
1.    Bila pembaca sudah mengetahui tentang apa-apa yang sudah di bahas tentang Sistem Rem, maka apa yang saya bahas merupakan bahan tambahan pengetahuan kita saja.
2.    Untuk para pemula hendaknya melakukan segala kegiatan yang berhubungan di perusahaan hendaknya ditemani oleh senior , agar apa-apa yang belum kita ketahui kita bisa menanyakannya agar tidak lebih gegabah dalam melakukan hal yang kita inginkan.
3.    Bila anda memang ingin lebih mengetahui tentang Sistem Rem, kita bisa mencari referensi yang lain di internet ataupun sumber terpercaya lainnya.







LAMPIRAN- LAMPIRAN
DAFTAR PUSTAKA

Pengertian Rem Dan Fungsinya
( Diakses 2 Juli 2018 )

Perbaikan Sistem Rem Kendaraan
( Diakses 02 Juli 2018 )

Sistem Rem Kendaraan
( Diakses 22 Juli 2018 )

Cara Kerja Rem Hidrolik Kendaraan
( Diakses 31 Juli 2018








Comments

  1. Terimakasih kak, sangat membantu sekali❤
    Mohon izin di salin oleh saya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

BERIMAN KEPADA QODO DAN QODAR ALLOH SWT / BERIMAN KEPADA TAKDIR / BERIMAN KEPADA RUKUN IMAN KE 6